Uncategorized

Intip Budaya Minum Kopi Dari Berbagai Belahan Dunia yuk!

“Coffee with a friend is like capturing happiness in a cup”

Ayo siapa yang setuju dengan kutipan ini? Zaman sekarang ini minum kopi merupakan hal yang sangat wajar dan sudah menjadi budaya tersendiri untuk masyarakat di dunia. Setiap negara punya kebiasaan minum kopinya masing-masing. Pengen tahu budaya minum kopi dari seluruh dunia? Eitsss sebelumnya kita baca dulu sejarah kemunculan kopi di dunia berikut ini.

Sejarah Kopi

Biji kopi pertama kali ditemukan di daerah Ethiopia pada 5 M. Pada tahun 1453 M kopi pun sudah menyebar sampai ke benua Eropa. Sejak saat itulah kopi kemudian mulai menyebar ke seluruh benua dan di Dunia. Hingga akhirnya kopi menjadi budaya untuk suatu masyarakat.

Budaya Minum Kopi Di Berbagai Negara di Dunia

1.Budaya Minum Kopi Di Turki

kopi turki
Sumber:recipeland.com

Pepatah Turki mengatakan , “Coffee should be black as hell, strong as death and sweet as love”. Turkish proverb . Hal ini membuktikan bahwa tidak mengherankan bilamasyarakat Turki biasa menikmati kopi ketika sedang membicarakan segala hal, dari mulai masalah agama, negara, bisnis dan bahkan masalah cinta. Coffee Shop pertama di Dunia juga ada di Turki. Coffee shop ini bernama Kiva Han dan sudah ada sejak tahun 1475 M.

2.Budaya Minum Kopi di London

london coffee
Sumber:aprenderinglesvalencia.com

Pada awal kemunculannya, masyarakat London percaya bahwa dengan minum kopi maka mereka bisa mendapatkan inspirasi dan dapat berfikir dengan rasional. Sehingga di awal kemunculannya pun perempuan-perempuan terhormat dilarang untuk datang ke coffee shop. Karena coffee shop hanya ditujukan untuk kaum lelaki yang akan memikirkan kepentingan negara. Woooow udah lama banget ya!

3.Budaya Minum Kopi di Jepang

japanese coffee
Sumber:freepik.com

Selain identik dengan budaya minum teh, Jepang juga identik dengan budaya minum kopinya loh! Kedai kopi pertama di Jepang sudah ada sejak tahun 1888. Sejak saat itulah minum kopi menjadi salah satu kebudayaa masyarakat Jepang Orang Jepang biasa mengkonsumsi Kopi ketika menunggu kereta, dalam perjalanan dan juga ketika sedang bekerja.

4.Budaya Minum Kopi Di Australia

Still Life - Coffee With Map Of Australia
aussiecuisine.com.au

Budaya minum kopi di Australia hampir sama seperti di Turki dan Inggris. Namun bedanya coffee shop di Australia biasanya lebih ramai oleh para pekerja perempuan yang melakukan pertemuan bisnis dan rapat.

Advertisements
Uncategorized

Ngebolang di Bandung

Yaps, bulan Maret ini gw berkesempatan untuk Backpackeran di Bandung sama mama. Seru banget! Rencana untuk ngebolang di Bandung sebenernya dadakan banget. Karena mas Angga kebetulan lagi tugas disana, jadi sekalian deh gw sama mama kesana, kan lumayan irit penginapan,hehe

Gw dan mama memilih menggunakan kereta untuk menuju ke Bandung. Sesampainya di stasiun, kita ternyata salah pintu keluar. Pintu keluar utama ada di sebelah utara, sedangkan gw dan mama keluar lewat belakang yang ada di sebelah selatan. Sesampainya di Bandung, kita langsung menuju penginapan yang berlokasi di daerah Dago.

1. Madtari

IMG_20180327_135552_015

Madtari adalah cafe pertama yang gw kunjungin sama mama untuk makan siang. Kantin yang ada di seberang Unisba ini memang cukup terkenal di daerah Dago. Makanan yang ada disini juga rasanya lumayan banget, bervariasi dan pastinya harganya Murah Meriah (Murmer). Untuk tempatnya sendiri, Madtari kurang Instagramable.

2. Bandung Planning Gallery (BPG)

20180327_150955

Beberapa hari sebelum ngebolang di Bandung, gw dan mama memang secara khusus nyari tempat-tempat seru di Bandung yang murmer. Salah satunya adalah BPG ini. Secara keseluruhan tempat ini berisi gambaran perencanaan infrastruktur yang ada di Bandung. Yang menarik di BPG, ada satu ruangan yang berisi dengan harapan-harapan warga bandung yang ditulis dalam satu kertas post it. Sederhana tapi tempatnya berkesan banget. Daaaan yang menarik dari tempat wisata ini adalah, biaya masuknya gratis. Kita cuma perlu ngisi data diri di meja registrasi aja.

Di sekitaran Bpg juga ada taman sejarah dan tugu yang instagramable banget.
Lokasi bpg juga strategis banget, yaitu ada di sebelah gedung walikota Bandung.

Buat yang pengen nge-mall, di sekitar gedung walikota bandung ada salah satu mall tertua di Bandung yang bisa dikunjungin, Bandung Indah Plaza (BIP). BIP dulunya merupakan mall yang terkenal banget sebelum adanya Trans Studio.

3. Kupu Bistro

Image result for kupu bistro bandung

Sumber:info.walanja.co.id

Mau makan murah dan enak tapi bikin kenyang? Kupu bistro tempatnya! (Ini bukan endorse). Di cafe yang masih berlokasi di sekitar Unisba, ini ada berbagai hidangan mengenyangkan seperti, ayam, bebek dan ikan Dorry yang harganya 15.000 aja. Murah banget kan!
Tempatnya juga nyaman banget, ada sofa, lesehan atau pun tempat duduk di outdoor dengan bangku taman.

4. Riau Junction

Image result for riau junction bandung

Sumber:foody.id

Tempat yang satu ini juga bisa menjadi surganya para pecinta kuliner. Dari mulai makanan tradisional seperti serabi solo sampai makanan international seperti Bimbimbab ada semua disini. Di Riau junction juga ada Batagor Kingsley dan Bolu Bakar Tunggal yang menjadi salah satu kuliner khas Bandung yang gak boleh terlewatkan.

5. Kartika Sari

Image result for kartika sari dago

Sumber:klikalamat.com

Satu lagi nih, tempat yang gak boleh terlewatkan kalau di Bandung.hehe Kartika sari memang sudah ada sejak tahun 1974 dan terkenal akan kue-kuenya yang enak. Saat backpackeran kemarin pun, gw mengunjungi salah satu cabang kartika sari di daerah Dago. Konsep dari cabang ini sendiri mirip Mall, selain menjual kue disini juga ada banyak toko baju dan aksesoris. Kue-kuenya pun lengkap banget gak kalah sama pabrik kartika sari yang ada di seberang stasiun.

6. Taman Radio

Related image

Sumber:detik.com

Di Bandung ada banyak banget taman-taman wisata. Salah satunya taman radio yang berlokasi jl. juanda. Taman radio sendiri konsepnya mirip seperti taman-taman pada umumnya. Yang unik dari taman ini adalah pengunjungnya yang tidak terlalu banyak. Jadi masih bisa ngerasain sejuknya udara Bandung.

Uncategorized

Wisuda Mas Angga dan Kak Erika Part 1 (Kulinari)

Liburan Januari lalu, terasa sangat spesial karena sekaligus menghadiri wisuda mas Angga dan kak Erika. Di part 1 liburan ke Yogya ini, gw akan berbagi cerita tentang tempat makan-tempat makan enak dan seru yang gw kunjungin.

1. Gudeg Yu DjumImage result for gudeg yu djum

Sumber:smart-money.co

Sesampainya di Yogya, makanan pertama yang gw makan adalah Gudeg. haha Rasanya gudegnya manis banget, sayur kreceknya juga manis, porsinya besar. Tapi lumayan banget untuk mengenyangkan perut.

2. Kali Milk, Kaliurang

Image result for kalimilk jogja

Sumber:kalimilk.co.id

Sesuai namanya, kali milk adalah restoran dengan menu andalan susu murni. Konsep dari kali milk ini sendiri mirip sama Cimory (Puncak pas, Bogor) ataupun Milk Me(Jakarta). Fasilitas di kalimilk juga cukup lengkap, ada Musholla dan tempat bermain anak. Makanannya bervariasi banget dari mulai makanan western, oriental sampai makanan asli Indonesia ada semua, disini. Kekurangannya cuma satu, tempatnya gak instagramable.

3. Soto Kadipiro, jl.wates Kadipiro

20180126_135345

Soto kadipiro adalah salah satu tempat makan yang wajib dikunjungin oleh kalian pecinta soto. Karena rasa soto ayamnya yang segar dan lauknya yang beraneka ragam. Darimulai ayam goreng, sate usus, sate ampela sampe berbagai jenis gorengan ada semua disini.

4. Jejamuran

20180125_145142

Ke Yogya, belum lengkap rasanya kalo gak makan di Jejamuran. Jejamuran adalah restoran yang menyajikan berbagai hidangan dari olahan jamur. Beberapa diantaranya adalah sate jamur, tom yam jamur, dan masih banyak lagi. Tempatnya sendiri terbilang nyaman dengan fasilitas yang cukup lengkap, seperti lahan parkir, musholla, taman, kolam ikan, toko yang menjual aneka souvenir khas Jogja dan bibit tanaman . Di Jejamuran setiap harinya juga ada Live Music. Tempatnya juga instagramable banget.

5. Selera Sambal

Image result for selera sambal

Sumber:sportourism.id

Selera sambal ini di Jabodetabek juga ada. Rasanya juga gak jauh beda sama yang ada di Jabodetabek.

6. Tempo Gelato

IMG_20180126_155534_981

Tempat makan es krim gelato ini adalah salah satu tempat yang wajib dikunjungi kalo ke Yogya. Tempo gelato ini kalo di Jakarta hampir sama fenomenalnya sama Es Krim Ragusa. Es krim yang dijual disini juga beraneka ragam banget, ada puluhan varian rasa, conenya enak. Yang spesial dari tempat ini, setiap pengunjung bisa ambil air putih gratis (ini berguna banget buat yang suka seret karena makan es krim kayak gw. haha)

7. Pabrik Bakpia

20180126_145815Ke Yogya belum lengkap rasanya kalau belum mampir ke pabrik Bakpia. Di pabrik Bakpia, kita bisa melihat secara langsung proses pembuatan bakpia dari mulai adonan sampai yang sudah dipanggang dan siap dimakan pun ada disini.

Ke Yogya belum lengkap rasanya kalau belum mampir ke pabrik Bakpia. Di pabrik Bakpia, kita bisa melihat secara langsung proses pembuatan bakpia dari mulai adonan sampai yang sudah dipanggang dan siap dimakan pun ada disini.
Selama di Yogya, gw nginep di villa Griya Marhendra. Lokasinya deket banget sama Candi Prambanan dan juga gak jauh juga dari Bandara Adi Sucipto.

Uncategorized

Hidup Itu Bagaikan Sebuah Novel

Setiap orang sudah punya novel masing-masing yang dikasih sama Tuhan.
Penulisnya adalah Tuhan.
Setiap hari akan selalu ada kejutan-kejutan yang sudah ditulis olehNya.
Sebagai pemeran utama dalam novel, kita hanya bisa menjalani semuanya tanpa bisa mengetahui hal apa yang akan terjadi di halaman berikutnya.
Sang pemeran utama bisa memohon kepada penulis untuk menuliskan sesuatu yang indah.
Tapi semua kembali lagi kepada penulis.
Karena hanya penulislah yang berhak menentukan cerita di halaman berikutnya.
Sebagai pemeran utama kita juga bisa melihat isi halaman-halaman sebelumnya yang telah kita lewati tapi kita tidak akan bisa melihat halaman berikutnya.
Karena penulis ingin kita menikmati semua yang terjadi pada halaman yang terbuka dan ingin kita belajar dari halaman-halaman sebelumnya.
Aku sekarang sedang menunggu cerita apa yang ditulis Tuhan di halaman berikutnya di ‘novelku’.
Disaat aku sedang berada dalam peran yang tidak menyenangkan,aku hanya bisa berharap bahwa di halaman berikutnya Tuhan akan menuliskan cerita yang indah untukku. 🙂
Depok,
21 November 2014
Ditulis dalam perjalanan dari FE menuju Halte Bis Kuning FT
Film

Review Film Dilan 1990

“Jangan Rindu berat biar aku saja. Kamu gak akan kuat”

Karena kutipan ini banyak banget cewe-cewe yang baper sama Dilan (termasuk gw :p). Film yang diangkat dari novel karya Pidi Baiq memang spesial banget. Kenapa? Karena akan ada banyak pesan-pesan moral yang berkesan sekaligus menyentuh.
Beberapa diantaranya seperti dibawah ini

1. Romantis Tanpa Harus bersentuhan

Dilan
Sumber:www.lokalkarya.com

Hal paling romantis gak melulu harus ditunjukkan lewat pegang-pegangan loh. Kadang kejadian romantis bisa didapatkan dari kata-kata manis yang gak lebay. Dilan di film ini merupakan sosok yang suka gombal dengan kalimat-kalimatnya yang manis dan menyentuh. Pokoknya di fim yang disutradarai Fajar Bustomi dan Pidi baiq, kamu akan dibuat senyum-senyum sendiri karena keromantisan kata-kata dan sikap seorang Dilan.

2. Pintar

omg dilan
Sumber: youtube/Falcon

Dilan yang merupakan anggota geng motor. mempunyai sifat yang cuek dan cenderung nyeleneh. Namun dibalik, keanggotaannya sebagai geng motor, Dilan adalah anak yang cerdas dan juga santun kepada orang tua loh. Hal ini digambarkan dari keikut sertaan Dilan dalam lomba Cerdas cermat yang diadakan sekolahnya. Dalam novelnya juga dijabarkan nih kalo Dilan selalu mendapatkan Rangking 3 besar. Sedangkan untuk sifat santunnya, dapat terlihat dari sikap hormatnya kepada sang Bunda tercinta dan juga kepada guru-gurunya.

3. Unik

dilan catetan
Sumber: youtube/Falcon

Dilan itu memiliki sifat yang unik. Dia selalu bisa melakukan hal-hal kecil yang sebenarnya terlihat sepele, namun bermakna. Seperti dalam adegan dia memberikan surat kepada Milea yang berisi tentang jadwal masuk sekolah. Sepele mungkin, namun bisa terasa sangat manis karena Dilan melakukannya dengan istimewa.

4. Hal kecil yang bermakna

Dilan 1990
Sumber: youtube/ Falcon

Kadang kali hadiah yang istimewa gak selalu ditunjukkan dengan barang mewah loh. Misalnya saat Dilan yang memberikan kado ulang tahun ke Milea berupa tts yang sudah diisi. Sederhana memang, namun dibalik kado tts itu Dilan ingin menunjukkan bahwa dia berusaha untuk memberikan pengorbanan dengan cara mengisi TTSnya. Disaat banyak laki-laki yang memberikan kado untuk pasangannya berupa boneka ataupun barang yang bisa dibeli dengan mudahnya di toko, tanpa ada pengorbanan yang berarti.

So, itu adalah sebagian kecil dari hal-hal spesial yang ada di Film Dilan 1990. Setelah nonton film ini, dijamin pasti langsung pengen baca novelnya.
Sekedar informasi tambahan, Fajar Bustomi sutradara film ini bisa menuangkan cerita dari novel menjadi film dengan sangat bagus. Bagian-bagian penting dalam novel Dilan ada semua di film ini.

Uncategorized

Getah Pohon Menjadi Minuman Tradisional Negara Ini Loh!

Pohon adalah salah satu jenis tumbuhan yang memberikan banyak manfaat untuk lingkungan maupun banyak mahkluk hidup. Diantaranya adalah menyediaakan air bersih, tempat tinggal banyak binatang dan yang paling penting pohon merupakan ‘produsen’ oksigen untuk semua mahkluk hidup.

Gak salah memang, kalau pohon disebut sebagai sumber kehidupan. Untuk masyarakat Rusia, pohon bukan saja bermanfaat untuk menghadirkan udara sehat. Tapi juga sebagai penghasil minuman sehat. Minuman apakah itu? Yuk intip sekarang!

Jus Birch

birch jus

Jus birch adalah minuman tradisional Rusia yang berasal dari getah pohon Birch. Minuman yang sudah ada sejak zaman Rusia kuno ini memiliki rasa yang manis seperti air tebu. Setiap harinya, satu pohon birch berukuran kecil dapat menghasilkan 2-3 Liter getah, sedangkan pohon dewasa bisa menghasilkan hingga tujuh liter getah pohon Birch. Banyak banget kan! Tapi sayangnya, jus ini hanya dapat dinikmati pada musim semi aja. Karena pohon birch hanya mengeluarkan getah setiap musim semi.

Ssst, masyarakat Rusia punya tradisi yang tergolong unik loh untuk pohon ini. Mereka selalu mengucapkan ‘terima kasih’ kepada pohon setelah menikmati jusnya.

Langsung Diminum Dari Pohonnya

langsung diminum dari pohon.jpg

Uniknya, minuman yang satu ini tidak butuh disaring terlebih dahulu sebelum di nikmati. Ya, jus ini langsung bisa kamu nikmati denga cara memasukkan sedotan ke salah lubang yang ada di pohon. Unik banget kan! Jadi, jangan heran ya ketika kamu ke Rusia ada banyak orang yang minum dari pohon. Karena dapat langsung dinikmati dari pohon, maka minuman ini gratis untuk setiap orang yang menikmatinya. Bahkan untuk wisatawan sekalipun!

Tapi untuk mendapatkan pohon ini, diperlukan sedikit tantangan nih! Pohon birch hanya tumbuh di hutan-hutan yang lebat. Jadi buat kamu yang ingin menikmati jus ini siap-siap untuk berpetualang di hutan ya.

Manfaat Jus Birch

manfaat jus

Meskipun terkesan kurang higienis, jus yang satu ini mengandung banyak manfaat loh. Beberapa diantaranya, menurunkan kolestrol, menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan hati, mempercepat penyembuhan luka dan mencerahkan kulit. Getah pohon birch setiap harinya mengalami pembaruan. Jadi setiap harinya akan ada getah birch yang segar.

Uncategorized

Rudolf Dan Adolf Dassler: Dua Sosok Hebat Dibalik Kesuksesan Adidas Dan Puma

Ada puluhan bahkan ratusan jenis sepatu di Dunia, salah satunya yang paling populer adalah Sneakers. Sneakers bagi sebagian orang sudah menjadi bagian dari hidup. Dalam artikel kali ini gw akan mengulik tentang sejarah sneakers, sekaligus dua sosok hebat dibalik kesuksesan sneakers ternama di dunia, Adidas Dan Puma.

Sejarah Sneakers

Converse

Sneakers berasal dari kata ‘sneak’ yang berarti mengendap-endap. Hal ini diibaratkan, seseorang yang menggunakan Sneakers dapat beraktivitas tanpa diketahui orang lain seperti sedang mengendap-endap.Sneakers pertama kali diciptakan oleh US Rubber Company (Keds) pada tahun 1892.

Saat itu bentuk sneakers masih sangat sederhana dan terbuat dari bahan yang sangat keras. Sehingga, sneakers masih jarang digunakan oleh masyarakat umum dan lebih banyak digunakan oleh atlet. Sampai pada akhirnya tahun 1917,Keds kembali menciptakan sneakers dengan bahan yang lebih nyaman untuk digunakan.

Di tahun yang sama, Converse Rubber Shoe Company menciptakan sneakers yang ditujukan khusus untuk atlet basket. Keds dan Converse adalah dua pelopor terciptanya sneakers yang masih ada hingga saat ini.

Gebruder Dassler Schuhfabrik (GDS)

gds

Pada tahun 1947 kakak beradik Rudolf Dassler dan Adolf Dassler membangun pabrik sepatu dengan merek Gebruder Dassler Schuhfabrik (GDS). Keduanyapun sangat akur dan kompak dalam membangun bisnis tersebut. Dalam menjalankan usahanya itu, keduanya juga di dukung oleh sang ayah yang juga memiliki toko sepatu. Sampai pada akhirnya pada tahun terjadi kesalahpahaman dalam hal politik yang membuat mereka memutuskan untuk berpisah.

Adidas dan Puma

adi dan rudolf

Setelah perpisahan itu, sang adik Adolf Dassler pun kemudian untuk membuat pabrik sepatu yang diberi merek Adidas pada tahun 1948. Adidas sendiri merupakan singkatan dari namanya, Adi (nama kecil Adolf) Dassler.

Di tahun yang sama, sang kakak Rudolf Dassler kemudian mendirikan pabrik sepatu dengan merek ‘Ruda’ (Rudolf Dassler). Sampai akhirnya pada tahun 1949, Rudolf mengganti mereknya menjadi ‘Puma’ dengan lambang seekor Puma yang sedang melompat.

Setelah keduanya memiliki perusahaan masing-masing, persaingan pun berlangsung. Mereka selalu berlomba-lomba untuk menjadi sponsor klub klub sepakbola ternama. Adidas dan Puma pun menjadi dua merek sepatu yang banyak digandrungi banyak orang, dari mulai anak-anak sampai orang dewasa.

Keduanya pun sempat akur, namun hal itu tidak berlangsung lama. Sampai akhir hayatnya, kedua kakak beradik ini tetap tidak bisa akur seperti dahulu kala.