Uncategorized

Selain Meningkatkan Keimanan, Ini 5 Manfaat Bulan Suci Ramadhan

Gak kerasa sebentar lagi bulan Ramadhan. Sebelum menyambut bulan Ramadhan biasanya ada banyak hal yang kita persiapkan agar bulan suci bisa kita lalui dengan lancar, misalnya dengan menyiapkan mental dan fisik. Bulan Suci ramadhan juga menjadi momen yang paling tepat untuk meningkatkan keimanan dan mendekatkan diri kepada Allah. Selain itu Ada banyak manfaat yang bisa kita dapat selama bulan ramadhan loh. Lima diantaranya seperti dibawah ini.

  1. Menguatkan Hubungan Keluarga

Ayo coba inget lagi kapan terakhir kali makan bareng keluarga? Di bulan suci ramadhan, waktu makan bersama keluarga pasti menjadi lebih sering dilakukan dan bahkan menjadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu. Untuk kita yang masih satu rumah dengan orangtua, waktu sahur dan berbuka adalah saat yang tepat untuk saling bertukar pikiran dan bercerita. Sedangkan untuk yang berada di tanah perantauan, pulang kampung adalah momen yang paling ditunggu-tunggu. Karena itulah saat yang paling tepat untuk bisa bertemu dan berkumpul dengan keluarga setelah sekian bulan terpisah di tanah rantau.

2.Meningkatkan Toleransi
Toleransi beragama bisa sangat terlihat di bulan suci Ramadhan, khususnya di Indonesia yang memiliki 5 kepercayaan. Tidak semua tempat makan tutup di siang hari, saat itulah kita belajar untuk menahan hawa nafsu dan melakukan toleransi umat beragama.

3.Melatih kesabaran
Untuk kita yang mempunyai kesempatan untuk puasa di tanah suci sambil melaksanakan umroh. Kesabaran kita akan diuji dengan cuaca yang sangat panas. Biasanya, ketika bulan ramadhan tiba di musim panas, suhu udara di tanah suci bisa mencapai 40°c. Dan saat musim dingin, suhu udaranya bisa mencapai 5°c.

4.Meningkatkan Empati
Bulan Ramadhan memang saat yang paling tepat untuk meningkatkan empati kepada sesama. Karena di bulan Ramadhan kesempatan terjun langsung untuk melakukan kegiatan sosial, terbuka lebar, misalnya memberikan takjil ataupun makanan untuk sahur.

5.Memperat Tali Silaturahmi
Bulan puasa gak lengkap rasanya kalau gak Buka Bersama teman-teman. Dari mulai teman pengajian, teman kerja, teman kuliah, sampai teman SD pasti ngadain buka bersama. Saat-saat seperti inilah silaturahmi kita bisa semakin erat. Bahkan tidak jarang pula, ketika tiba momen buka puasa bersama kita bisa bertemu dan mengobrol dengan teman yang telah lama tidak bertemu dengan kita.

Itu dia sedikit dari banyak manfaat yang bisa kita dapatkan selama bulan suci Ramadhan. Semoga di bulan puasa ini kita mendapatkan kelimpahan berkah dari Allah swt dan bisa kembali menjadi manusia yang lebih baik lagi.

Advertisements
Uncategorized

Emak

Dalam rangka ulang tahun mama yang ke 51 yang jatuh pada tanggal 4 Mei kemaren. Gw pengen nulis sebagian kecil dari momen-momen indah bersama mama yang gak akan pernah gw lupain sampai kapanpun. Gw memang bukan orang yang romantis dan bisa mengungkapkan rasa sayang lewat sebuah puisi ataupun tulisan dengan banyak majas. Tapi lewat tulisan ini gw pengen menngungkapkan rasa sayang gw ke mama. Lewat tulisan ini, gw akan cerita tentang beberapa momen bersama mama yang gak akan bisa gw lupain seumur hidup.

1.Jalan Kaki Sama Mama

Buat sebagian orang jalan kaki dan ngobrol sama nyokap adalah hal yang sepele mungkin. Tapi enggak buat gw, buat gw momen ini adalah salah satu momen yang paling berharga.  Hampir setiap hari mama nganterin gw ke tk dengan jalan kaki, jarak dari rumah gw ke TK kurang lebih 2 KM. Saat-saat inilah gw bisa ngobrol seru sama mama dengan suasana yang berbeda.

Mungkin karena kebiasaan ini juga, gw jadi suka banget jalan kaki sampai sekarang.

2.Hangout sama Mama

Mamalah orang pertama yang ngajak gw untuk jalan-jalan ke mall dan nonton di bioskop. Gw inget banget film pertama yang gw tonton di bioskop (setelah gw sudah mengerti apa itu bioskop) itu bareng mama. Film yang pertama gw nonton bareng mama adalah Alexandria. Hangout bersama mama adalah momen yang gw tunggu-tunggu bahkan sampai sekarang.hehe Gw pengen ketika nanti gw udah berkeluarga sekalipun, gw bisa tetap hangout bareng mama (bersama keluarga gw) walaupun hanya sekedar nonton atau makan di mall.

3.Curhat Sama Mama

Curhat bareng adalah salah satu momen yang paling sering gw lakukan bareng mama. Kalau curhat gw bisa menghabiskan waktu hingga berjam-jam. Tempat curhatnya pun bisa dimana aja, di kamar, dapur, ataupun di mall. Dari kecil gw juga udah biasa untuk menceritakan hal apapun sama mama, dari mulai tentang teman, sekolah, ataupun kegiatan yang lagi gw lakuin.

4.Saat Menghadapi Masa-Masa ‘pahit’ di SMA

Buat gw pribadi, kadang gw perlu bawa lagi kenangan ‘pahit’ waktu dalam hidup untuk dijadikan inspirasi menulis. So, ketika gw menulis tentang suatu kenangan pahit, bukan berarti gw sedang sedih ataupun berlarut-larut dalam kesedihan. Gw Cuma pengen berbagi cerita indah dibalik kisah sedih itu, seperti yang saat ini gw lakukan.

Waktu SMA gw pernah dibully. Saat inilah mama gak henti-hentinya nyemangatin gw dan bilang bahwa gw adalah anak yang kuat dan pasti bisa menghadapi itu semua. Tanpa dukungan mama , gw pasti bakalan hancur banget waktu itu.

5.Berjuang Mendapatkan Universitas Impian

Dari semua kenangan yang gw habiskan bersama mama, mungkin kisah ini yang paling berkesan untuk gw. Bulan Juli tahun 2012, mungkin adalah titik ‘terendah’ gw setelah lulus SMA. Waktu itu gw sedang berjuang untuk bisa kuliah di salah satu universitas di Jakarta. Untuk bisa mengikuti tes itu, gw harus bolak-balik selama 4 hari untuk dapat formulir.

Saat itu, mama nganterin gw naik sepeda motor ke universitas yang berjarak kurang lebih 20 km dari rumah di tengah teriknya sinar matahari. Mama gak pernah ngomel ataupun ngeluh sedikitpun, yang mama tahu adalah gw harus bisa test di universitas impian gw itu . Gak jarang, ada banyak halangan yang terjadi  dalam 4 hari itu. Salah satunya adalah saat ban motor mama pecah dan kami harus mendorong motor kurang lebih 1 km untuk sampai ke tempat pompa ban, tentunya dibawah teriknya sinar matahari.

Puncak dari perjuangan untuk test di univerasitas itu adalah, saat hari H gw terlambat dateng dan harus pisah sama mama dijalan karena macet. Waktu itu, minggu terakhir sebelum puasa dan lokasi tes yang bersebelahan dengan TPU menyebabkan jalan macet total. Saat itulah mama menyuruh gw turun untuk menuju lokasi ujian.  Saat terpisah seperti itu, kami benar-benar tidak bisa berkomunikasi sama sekali. Karena kami bahkan tidak punya pulsa di HP.

Gw pun akhirnya bisa berkomunikasi dengan mama, setelah ujian selesai. Gw pun langsung mendatangi mama yang waktu sedang ada di Musholla. Ketika gw akhirnya ketemu mama, mama langsung memeluk gw sangat erat. Mama takut gue melarikan diri  dan gak  ikut ujian, karena pada saat itu gw sedang dalam keadaan terpukul setelah tidak lolos SNMPTN.

Dari peristiwa ini gw percaya banget kalah Allah itu sangat-sangat adil. Setelah perjuangan yang dilalui tersebut ada hadiah luar biasa yang telah menanti. Yaps, gw diterima di universitas negeri, bukan di universitas yang tulis di atas. Tapi di universitas yang bahkan gw sendiri gak berani bermimpi untuk kuliah disitu, karena  susahnya persaingan masuk di universitas tersebut.

6.Wisuda

Beberapa hari sebelum gw wisuda tahun 2016, mama flu berat. Sedangkan saat itu, gw lagi perlu bantuan mama untuk bantuin beli jilbab yang akan gw pakai. Jadilah, mama memaksakan diri demi gw. Sampai hari H wisudapun, mama pun sedang dalam kondisi yang kurang fit. Tapi mama tetap bela-belain dateng dan  melupakan flu yang sedang dideritanya.

7.Backpackeran Bareng Mama

Momen lain yang gak akan pernah bisa lupain sama mama adalah bacpackeran bareng. Dari kecil mama, selalu bilang bahwa gw harus jadi perempuan yang berani,kuat dan gak cengeng.  Bacpackeran adalah salah satu cara mama untuk menunjukkan ke gw untuk jadi perempuan yang berani. Pertama kali gw bacpackeran sama mama tahun 2010. Waktu itu kita memutuskan untuk backpackeran ke Anyer. Kebetulan waktu itu mas Angga lagi kuliah di Cilegon, jadi kami bisa numpang nginep di kosan mas Angga. Perjalanan ke Anyer pun kami (mama, mas Angga, dan gw) tempuh dengan angkot. Naik angkot dari Cilegon ke anyer kurang lebih memakan waktu 20-30 menit. Di anyer kami bisa bermain di pantai dan mencoba hidangan laut yang enak tapi Murah Meriah. Itulah pertama kalinya gw bacpackeran sama mama.

Setelah 10 tahun gak bacpackeran, akhirnya bulan Maret lalu gw sama mama berkesempatan untuk bacpackeran ke Bandung. Ada banyak tempat seru-seru di Bandung yang gw kunjungin sama mama. Bacpakeran ke Bandung bulan Maret lalu, tempat penginapannya kembali di sponsori oleh mas Angga.hehe

8.Bikin Kue bareng Mama

Last but not least peristiwa yang gak akan bisa gw lupain adalah saat-saat bikin kue bareng mama. Mama banyak banget ngasih saran, gimana caranya bikin kue yang baik dan benar dan banyak lagi yang lain.

 

 

Peristiwa diatas Cuma sebagian kecil dari banyaaak momen yang gw laluin bareng mama. Hehe Pokoknya gw sayang banget sama mama deh. J

Uncategorized

Menelusuri Keindahan Pulau Unicorn Di Asia Tenggara

‘Demam’ unicorn tidak hanya melanda makanan, dan berbagai jenis barang-barang, tetapi juga suatu pulau loh!  Serius? Iya bener, pulau unicorn. Tahukah kamu bahkan di Asia, ada dua pulau Unicorn! Penasaran kan? Udah Yuk buruan kepoin.

  1. Pulau Inflatable

    Lupad
    Sumber: Project Lupad

    Untuk tarifnya sendiri, pulau Inflatable  relatif murah loh! Kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 499 peso, setara dengan Rp.131.956 untuk bermain selama satu jam  atau  849 peso Filipina atau 224.510 rupiah untuk satu harian penuh (Kurs berdasarkan website coinmill.com)  Untuk kalian pecinta warna pink, wajib banget berkujunjung ke pulau yang satu ini. Karena tenda-tenda istirahat yang ada di sekitar pantai didominasi oleh warna pink Fuschia. Buat para orang tua, juga gak perlu khawatir anak akan tenggelam di perairan ini. Karena laut ini memiliki kedalaman 4 kaki atau setara 1,2 Meter.

    Ada berbagai jenis permainan yang bisa dimainkan, seperto Baba Super Slide, Slippery Slopes, Rainbow Walk, Mini Jump and Fly, dan Climby the Seaunicorn.

  2. Pulau Unicorn, Vietnam

     

    hvg travel
    Sumber:HVG Travel

    Berbeda dengan pulau diatas yang secara keseluruhan bertemakan unicorn, pulau yang satu ini sekilas memang sangat mirip seperti pulau pada umumnya. Kalau tempat wisata yang satu ini cocok banget untuk kamu yang suka dengan pemandangan laut yang indah. Pulau yang berlokasi di kota My Tho, provinsi Tien Gang ini dilalui oleh sungai Mekong.Sungai Mekong merupakan sungai terpanjang ke-12 di Dunia yang terbentang dari Dataran Tibet di utara mengalir melalui Yunnan di Cina, Myanmar, Thailand, Laos, Kemboja, dan Vietnam.

    Pulau dengan luas 1.200 Hektar persegi ini banyak ditumbuhi pohon longan dan sapoche ( sejenis  buah salak yang tumbuh di Vietnam). Pulau ini juga terkenal sebagai penghasil madu. Ketka tiba di pulau ini kita akan disajikan welcome drink berupa minuman berbahan dasar madu, teh dan juga permen. Transportasi utama di pulau ini adalah perahu.

    Kalau kamu ingin berlibur ke pulau ini, kamu cukup naik pesawat sampai bandara Internasional Tan Sho Nhat, Ho Chi Minh (ibukota Vietnam). Dari kamu bisa menggunakan taksi menuju Delta sungai mekong untuk sampai ke pulau ini. Jarak tempuh dari Bandara sampai tiba dipulau ini kurang lebih 1 jam.

     

    .

    So, dari kedua tempat bisa diambil kesimpulan bahwa, liburan gak harus mahal yang penting berkesan. Untuk kamu yang ingin liburan ke luar negeri tapi tidak ingin mengeluarkan biaya terlalu banyak, dua tempat wisata diatas bisa jadi pilihan. Selain dua tempat diatas, ada banyak banget destinasi indah di Asia Tenggara yang Murah Meriah

Uncategorized

‘Hidupkan’ Hidupmu Dengan 3 Hal Ini

“We make a living by what we get but we make a life by what we give”.

Winston Churcil

Gw percaya banget sama kutipan diatas. Jangan pelit berbagi. Berbagi itu gak melulu tentang materi kok, berbagi senyuman, berbagi pengelaman, berbagi kebahagiaan contohnya. Hal-hal sederhana seperti itulah yang bisa membuat hidup seseorang menjadi lebih ‘hidup’. Gw percaya banget ada banyak hal yang bisa membuat seseorang menjadi lebih ‘hidup’. Beberapa diantaranya adalah

1. Mendekatkan Diri Kepada Sang Pencipta

pinterest
Sumber:Pinterest

Kita hidup di dunia sebagai hamba. Sebagai hamba jangan pernah ragu ataupun males untuk mendekatkan diri ke sang Pencipta. Misalnya dengan rajin ibadah ataupun menceritakan semua hal yang kita rasain (baik seneng maupun sedih), Tuhan gak akan pernah bosen kok dengerin semua curhatan hambanya.

2. Punya Tujuan Hidup

pexels-photo-462353
Sumber:Pexels

Jangan sampai kita hidup di dunia tapi gak punya tujuan hidup. Tanpa tujuan hidup kita pasti bakalan mager banget dalam beraktivitas. Tujuan hidup disini bisa diartikan juga sebagai cita-cita.

3. Passion

pexels-photo-697055
Sumber:Pexels

Gw adalah orang yang percaya banget akan kekuatan Passion. Passion bisa membuat seseorang bangun lebih pagi dan tidur larut malam demi mengerjakan hal yang diminati tanpa merasa lelah sama sekali. Yaps, itulah kedahsyatan suatu pasion. Kalau kita punya passion, coba tekunin dan terus mengembangkan diri.

Kelak, passion itu akan membuahkan hasil yang tak terduga. Buat yang udah kerja, namun belum punya kesempatan untuk kerja di bidang yang sesuai passionnya, cobalah untuk tetap mengerjakan passion di kala suntuk atau senggang. Karena passionlah yang membuatmu semangat bekerja. Untuk yang belum menemukan passionnya, coba gali terus diri sampai akhirnya menemukan.

Uncategorized

Kue Kering Khas Indonesia Ini, ternyata terinspirasi dari Austria loh!

Cookies are made with Butter and Love.

 

Hayo siapa yang setuju sama kutipan ini? Lebaran gini memangnya enak kue kering buatan ibu yang dibuat dengan berbagai bahan dan tentunya dbumbui dengan cinta. Cinta dan sentuhan tangan ibulah yang membuat kue kering lebaran semakin nikmat dan lezat untuk dinikmati.

Dalam artikel kali ini, gw akan bahas asal-usul kue kering yang paling populer dan wajib ada hampir di semua rumah disaat lebaran nih! Check this out!

1.Nastar

3703549b0b-Nastar15
Sumber: Chef In Disguise

Kue imut dan enak ini ternyata asalnya dari Belanda loh. Nastar sendiri Berasal dari kata Ananas yang berati nanas dan taart yang berarti kue. Tapi kue nastar di Indonesia adalah hasil modifikasinya nih. Karena di Belanda sendiri,kue ini berisi selai apel dengan ukuran yang lebih besar. Di Indonesia kue yang satu ini diisi selai nanas, karena apel pada zaman dahulu sulit didapatkan.

2.Kaastengel

kastengel
Sumber: Cookpad

Sama seperti nastar, kue batang  keju nan nikmat ini asalnya dari Belanda. Kastengel berasal dari dua kata Kass yang berarti  keju dan tengel yang berarti batang. Kastengel di Belanda ukurannya mencapai 30cm loh! Wow! Di Indonesia kastengel dibuat dengan ukuran kecil karena menyesuaikan dengan ukuran oven yang ada di Indonesia.

Namun jangan salah untuk rasa, kastengel yang ada di Belanda dan Indonesia mempunyai rasa yang sama persis. Karena resep kastengel sendiri dibawa oleh para none Belanda ketika zaman penjajahan Indonesia.

3.Lidah Kucing

lidah kucing
Sumber:All Recipes

Kue kering yang namanya terinspirasi dari lidah  binatang imut nan lucu (kucing)  ini asalnya juga dari Belanda loh.Dalam bahasa Belanda Kue kering dengan rasa gurih dan manis ini dinamakan Katte Tong yang juga berarti lidah kucing.

4.Puteri Salju

omiyago-cookies-putri-salju-260gr
Sumber:Cookpad

Kue yang namanya sama dengan salah satu nama princess disney ini terinspiasi dari kue kering asal Vienna, Austria loh! Di Austria, kue ini dikenal dengan nama kue bulan sabit.

5.Kembang Goyang

kembang-goyang2
Sumber:Wikipedia

Nah, kalau kue kering yang satu ini asli dari Indonesia loh! Tepatnya dari Betawi. Rasanya yang gurih bikin semua kalangan dari berbagai umur suka banget sama kue yang berbentuk bunga ini. Kue yang cara membuatnya dengan digoyang ini, wajib banget ada di setiap lebaran maupun hari besar lainnya.

Duh, jadi makin cinta kan sama kue-kue yang bentuknya cantik dan lezat ini! (PHP)

Uncategorized

Tempat-Tempat Romantis Di Dunia Sebagai Bukti Cinta Untuk Pasangan

“I would do anything for you. There will never be anyone as perfect as you are for me.”

Jose Rivera Hayo

Siapa yang setuju dengan kutipan ini? Setiap orang pasti punya caranya masing-masing untuk menunjukkan bukti cinta untuk pasangan! Bisa dengan menciptakan puisi, gambar, lagu atau apapun itu. Kalau pasangan dibawah ini niat banget nih! Karena sampai merancang bangunan untuk pasangan tercinta! Check this out!

1. Taj Mahal, India

???????
Sumber: Amazing Place

Taj mahal adalah istana yang dibangun atas perintah Shah Jahan untuk mengenang istri tercintanya Mumtaz Mahal yang meninggal ketika melahirkan anak yang ke-14. Sebagai bentuk rasa cintanya kepada Mumtaz Mahal, Shah Jahan pun tinggal di istana ini seumur hidupnya.

2.Monumen Lady Raffles, Kebun Raya Bogor

trisoenoe
Sumber:Trisoenoe

Di monumen ini terdapat prasasti yang berisi puisi ciptaan Sir Raffles Stamford untuk istrinya tercinta yang telah lebih dahulu meninggal. Hayo siapa suka bikin puisi?

3.Kastil Kellie, Malaysia

adindut
Sumber:Adindut

Kastil kellie merupakan istana yang dibangun sebagai bentuk rasa cinta William Kellie Smith untuk istrinya yang telah melahirkan seorang anak laki-laki. Sayangnya, kastil ini belum sempat ditinggali oleh sang istri nih karena sang istri keburu meninggal dunia.

4.Kastil Swallow Nest, Ukraina

Wikipedia
Sumber:Wikipedia

Kastil yang berlokasi di Ukraina ini lebih dikenal dengan kastil cinta. Lokasinya yang berada di tepi laut membuat kastil ini semakin terlihat romantis. Tidak heran apabila setiap tahunnya kastil ini selalu diramaikan oleh para wisatawan untuk sekedar berekreasi atau bahkan mengadakan sesi foto untuk pernikahan.

5.Candi Prambanan, Yogyakarta

indonesiaexplorenet
Sumber:www.indonesiaexplore.net

Nah kalo bangunan yang satu ini asli dari Indonesia nih. Candi prambanan yang berlokasi di merupakan bukti cinta Bandung Bondowoso kepada Roro Jonggrang. Menurut ceritanya Bandung Bondowoso membangun candi prambanan hanya dalam waktu  semalam saja loh!

Unch unch romantis banget ya bangunan-bangunan di atas! Kalau bukti cinta kamu untuk pasangan apa? Bukti cinta ga harus selalu dalam bentuk yang mewah kok, kadang kala dengan membuatkan sarapan untuk pasangan aja udah sukses bikin pasangan makin cinta sama kita!

Uncategorized

Lindungi Anak Anda Dengan 5 Hal Ini Agar Terhindar Dari bahaya Eksploitasi Seksual Komersial Anak!

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Ecpat Indonesia, selama bulan Februari 2017 lalu setidaknya telah terjadi 13 kasus eksploitasi seksual komersial anak dan kasus ini terus meningkat setiap bulannya. Hal ini membuat kita sebagai orang tua tidak dapat menutup mata lagi akan kejadian yang mungkin terjadi kepada anak kita. Untuk itu kita sebagai orang tua harus pandai-pandai melindungi anak dari bahaya ekspolitasi seksual komersial anak yang mungkin saja ada di sekitar lingkungan kita.Berikut ini hal-hal yang perlu Anda ajarkan untuk menjadi “bekal” mereka agar terhindar dari bahaya ekspolitasi seksual komersial anak

1.Gunakan Password Rahasia

Password rahasia ini berguna ketika Anda tidak dapat menjemput si kecil dari sekolahnya sehingga harus menugaskan orang lain. Password rahasia ini harus diucapkan si penjemput ketika menjemput anak Anda. Pastikan password tersebut hanya diketahui oleh Anda dan si kecil.

2.Berani Bilang Tidak

Ajarkan anak untuk selalu berani bilang tidak ketika ada orang asing yang mengajaknya pergi.Ketika ada orang asing yang mengajaknya pergi, anak harus mengatakan “Gak mau” dan secepatnya mencari perlindungan. Misalnya kepada guru ketika di sekolah.

3. Bekali anak tentang sentuhan baik dan sentuhan tidak baik

Sentuhan baik adalah yang membuat kita merasa nyaman dan aman, bahkan membuat anak merasa disayang. Contohnya berjabat tangan dengan teman atau guru. Sentuhan tidak baik adalah sentuhan yang membuat rasa tidak nyaman, merasa kotor, takut, khawatir, bingung, marah, bersalah dan menimbulkan perasaan negatif lainnya. Contohnya ketika seseorang menyentuh bagian tubuh kita sementara kita tidak ingin disentuh pada bagian tersebut.

4. Bagian tubuh yang boleh dipegang

Selalu ingatkan anak bahwa tubuh mereka sangat berharga dan tidak boleh ada orang lain yang melihat atau memegang bagian tubuhnya yang tertutup oleh pakaian, hanya ibu dan dirinya sendiri lah yang boleh melihat atau memegang.

5.Ajarkan Anak Untuk Selalu Bercerita

Ajak anak untuk selalu bercerita tentang kegiatannya selama di sekolah dan ketika bermain bersama teman-temannya. Buat suasana senyaman mungkin agar anak mau bercerita semua hal pada Anda, mulai dari hal yang menyenangkan sampai hal yang tidak menyenangkan. Selain itu Anda harus menekankan bahwa tidak ada yang salah dan perlu ditakuti ketika bercerita.

So, mulai sekarang jadilah orang tua yang selalu bijak ya!