4 Efek Buruk Insomnia

​  

Sourceimage:https://www.vettimes.co.uk/app/uploads/2015/05/insomnia_iStk-YinYang.jpg

Oleh:Popy Hervi Putri

Di era modern seperti ini, Anda dapat dengan mudah mengalami stres karena berbagai hal yang kadang tergolong ke dalam hal yang kecil. Beberapa penyebab stres di Era Modern ini di antaranya adalah Kemacetan di jalan, koneksi internet yang terkadang lambat, masalah dengan rekan sebaya, kurangnya finansial untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, kegagalan dalam mendapatkan suatu barang impian Anda maupun berbagai hal lain. Tapi tahukah Anda bahwa Stres dapat menyebabkan banyak penyakit yang membahayakan? Baik penyakit yang tergolong ringan maupun berat sekalipun. Diantara penyakit yang diakibatkan oleh Stres adalah penyakit jantung, depresi, tubuh mudah sakit tekanan Darah naik, vertigo maupun insomnia.

Di antara banyaknya penyakit yang dapat timbul akibat stres, satu penyakit yang paling banyak di derita oleh masyarakat saat ini adalah Insomnia. Insomnia adalah penyakit yang membuat penderitanya menjadi sulit tidur ataupun bangun terlalu cepat. Di bawah ini akan dijabarkan 4 efek buruk yang diakibatkan oleh penyakit Insomnia

1.Gangguan penglihatan yang buruk 

Kurangnya tidur akan membuat sel-sel di otak menjadi terganggu. Hal inilah yang nantinya dapat mengurangi kadar akurasi penglihatan penderitanya dan membuat penderita insomnia mengalami gangguan penglihatan yang buruk.
2.Memperburuk kondisi kesehatan

Penderita penyakit insomnia akan sangat sulit tidur dengan cepat. Hal ini otomatis mengganggu beberapa saraf-saraf yang ada di kepala maupun bisa menurunkan kondisi tubuh. Selain itu, ada beberapa penyakit yang yang memerlukan waktu tidur yang cukup agar penyakit tersebut tidak mudah kembali lagi. Sebut saja Vertigo, penderita vertigo harus memiliki waktu tidur yang cukup agar esok harinya bisa kembali beraktivitas dengan segar bugar kembali.

3. Memperbesar resiko penyakit hipertensi
Penyakit hipertensi dapat disebabkan oleh kurangnya istirahat dan kelelahan pada tubuh. Sehingga membuat penderitanya menjadi cepat marah dan akhirnya menaikkan resiko hipertensi atau darah tinggi.

4.Rentan Terserang Diabetes

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di University of Chicago, AS menemukan bahwa orang yang tidur kurang dari 6 jam akan mengalami gangguan metabolisme gula. Hal ini terjadi akibat tubuh mengalami resistensi insulin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s